FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SHAREHOLDER VALUE PADA EMITEN KATEGORI LQ-45 DI BURSA EFEK JAKARTA DENGAN ALAT UKUR EKOMOMIC VALUE ADDED
SAMPURNO WIBOWO, SE., M.Si

Abstrak

Penciptaan nilai ekonomis bagi para pemegang saham (shareholder value) saat ini merupakan suatu tuntutan yang harus dipenuhi oleh perusahaan terutama yang telah menyatakan go ublic. Faktor-faktor yang diidentifikasikan oleh penulis sebagai variabel yang mempengaruhi shareholder value adalah intellectual capital, tangible resource, dan liabilities.

          Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah mtode sensus. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis).

          Hasil penelitian menunjukan intellectual capital, tangible resource, dan liabilities berpengaruh dan signifikan pada tingkat kepercayaan 93% terhadap shareholder value dengan Economic Value Added, sebagai alat ukur baik secara parsial maupun simultan, dan masih ada variabel lain yang tidak diukur san mempunyai pengaruh terhadap shareholder walaupun kontribusinya sangat kecil.

 

Kata kunci : intellectual capital, tangible resource, liabilities, shareholdr, value, emiten LQ-45, economic value added.
 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login